A. Pengertian
Iklan
Iklan
atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen
lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan,
dan promosi penjualan.
Pengertian iklan menurut bahasa adalah memperkenalkan
suatu barang,produk dan mempromosikan barang atau pun jasa baik secara online mau
pun offline yang disampaikan melalui media dan di biaya oleh pemrakarsa yang
dikenal serta di tunjuk sebagian masyarakat melalui ,radio, televisi, surat
kabar, majalah dan lain-lain.
Pengertian iklan juga berbagai bentuk dan beragam seperti di bawah ini:
1. Iklan baris: iklan yang secara singkat yang terdiri dari berapa baris saja
1. Iklan baris: iklan yang secara singkat yang terdiri dari berapa baris saja
2. Iklan berita: yaitu iklan yang dalam bentuk berita.
3. Iklan bersandi: iklan yang terdiri dari tanda khusus pembaca iklan menangkap pertanyaan dan jawaban mudah di ketahui.
4. Iklan komik: iklan yang berbentuk ceriata (komik)
5. Iklan langsung: iklan yang di cetak dikirim melalui pos yang gak ada hubungannya dengan iklan produk ataupun media masa lainnya.
6. Iklan kecil: iklan yang tidak menggunakan gambar serta dikelompokkan klasifikasi khusus di gunakan hanya seluas satu kolom
3. Iklan bersandi: iklan yang terdiri dari tanda khusus pembaca iklan menangkap pertanyaan dan jawaban mudah di ketahui.
4. Iklan komik: iklan yang berbentuk ceriata (komik)
5. Iklan langsung: iklan yang di cetak dikirim melalui pos yang gak ada hubungannya dengan iklan produk ataupun media masa lainnya.
6. Iklan kecil: iklan yang tidak menggunakan gambar serta dikelompokkan klasifikasi khusus di gunakan hanya seluas satu kolom
7. Iklan keluarga: iklan yang berisikan tentang keluarga,ulang
tahun,perkawinan,kelahiran,kematian dan perceraian
8. iklan mini: iklan ini juga tergolong dalam iklan baris
B. Jenis- Jenis Iklan
Jenis –
jenis iklan secara garis besar, iklan dapat digolongkan menjadi tujuh kategori
pokok yakni :
1.
Iklan Niaga
Iklan niaga adalah iklan yang
memperkenalkan, menawarkan, mempromosikan, produk-produk dari perusahaan kepada
masyarakat umum serta mempengaruhi mereka agar menggunakan produk-produk yang
diiklankan tersebut.
2. Iklan Keluarga
Iklan
keluarga merupakan iklan yang berisikan hal-hal mengenai keluarga. Iklan ini pada
umumnya lebih berupa iklan kolom atau display yang banyak yang kita jumapai di Koran-koran
3.
Iklan Baris
Macam-macam iklan lainnya adalah
iklan baris. Ikaln ini banyak kita temukan dimedia-media cetak seperti Koran.
Contoh iklan baris yang banyak dijumpai adalah iklan jual tanah, jual rumah,
mobil, lowongan kerja, dan lain-lain.
4.
Iklan Pengumuman
Iklan pengumuman merupakan bentuk
iklan yang berusaha untuk mengumumkan, menyampaikan atau memberikan pesan
kepada khalayak ramai. Iklan seperti ini bisa dalam bentuk tulisan seperti
dalam poster, baligo, spanduk, atatu dalam bentuk iklan yangs sering kita
jumpai di televise, radio, internet, atau media-media lainnya. Contoh dari
iklan pengumuman adalah iklan seminar, iklan reuni akbar,, iklan lelang, dan
iklan-iklan pengumuman lainnya.
5.
Iklan
Keuangan
Secara umum iklan keuangan meliputi
iklan-ikaln bank, jasa tabungan, asuransi, dan investasi. Media yang digunakan
yaitu koran keuangan dan bisnis.
6.
Iklan Layanan
Masyarakat
Iklan masyarakat adalah iklan yang
dibuat untuk menyampaikan pesan-pesan sosial kepada masyarakat. Contoh iklan
layanan masyarakat adalah iklan bahaya rokok, iklan bahaya narkoba, iklan
ajakan untuk menghemat listrik, dan lain-lain.
7.
Iklan
Lowongan Kerja (Recruitment Advertising)
Iklan
jenis ini bertujuan merekrut calon pegawai. Media – media untuk iklan lowongan
ini biasanya adalah surat kabar nasional, surat kabar daerah, terbitan-terbitan
gratis iklan lowongan, radio, dan televisi.
C. Ciri- ciri Iklan
Berikut ini
adalah cirri- ciri iklan yang baik :
1. Tujuan iklan harus jelas
2. Diarahkan ke
sasaran yang tepat
3. Menggunakan
media yang tepat
4. Pesan
dikemas dengan unik dan kreatif
5. Anggran dan
estimasi hasil
D. Syarat- Syarat Iklan
Rumus Iklan SUPER "A" Selain sesuai dengan kondisi masyarakat
saat ini yang Overcomunication , juga memperhatikan rencana strategi
pemasaran, golongan konsumen, Serta cirri fungsi produk. Rumus SUPER
"A" Merupakan singkatan dari elemen-elemen berikut ini.
a. Simple (S)
Simple artinya sederhana.
Untuk brand baru kesederhanaan ini dipahami sebagai "dapat
dimengerti sekali lihat". Contohnya Iklan Kit Kat dengan slogannya
"ada break ada Kit Kat." Slogan ini dengan mudahmasuk dalam ingatan
kita bahwa Kit Kat adalah makanan ringan untuk waktu istirahat.
b. Unexpected (U)
Unexpected artinya tidak
terduga.Di tengah derasnya arus iklan yang kita lihat setiap harinya, iklan
yang baik adalah iklan yang idenya tidak terduga, di luar bayangan kita
sehingga kita berdecak kagum. Iklan seperti ini akan selalu diingat dan menjadi
the top of mind, paling tidak dalam segmentnya.
c. Persuasive (P)
Persuasif disebut juga dengan
daya bujuk, yang berarti mempunyai kemampuan menyihir orang untuk melakukan sesuatu.
Iklan yang berpersuasif mampu menggerakkan konsumen untuk mendekatkan diri dengan
brand dan tertarik untuk mencobanya.
d. Entertaining (E)
Dalam era yang sudah over
communication dan juga over iklan ini, pembuat iklan harus kreatif. Jangan sampai
pesan yang kita sampaikan dalam iklan, menjadi tidak tersampaikan karena konsumen
merasa kesal melihat iklan yang ditayangkan. Lebih lagi, jika kita menginginkan
iklan yang kita buat teringat di benak konsumen.
e. Relevevant (R)
Dalam beriklan, kita dituntut
untuk kreatif. Penyampaian iklan tidak harus lugas menunjukkan persuafif agar
konsumen segera menggunakan iklan yang kita tawarkan. Iklan yang baik harus memnggunakan
berbagai gaya berbahasa: asosiasi, analogi, hiperbola, metafora, dan lain-lain.
Atau dengan kata lain, iklan bolehlah melantur kemana-mana, dengan syarat harus
relevan. Iklan yang bai kharus dapat dipertanggungjawabkan, harus tetap dapat dirasionalisasi,
harus ada hubungan dengan brand dari produk yang kita iklankan.
f. Acceptable (A)
Unsur acceptable atau penerimaan
sangat berkaitan dengan budaya yang berlaku di masyarakat. Membandingkan secara
langsung produk competitor dengan produk yang kita iklankan, dirasa tidak dapat
di terima oleh masyarakat. Begitu juga dengan iklan yang menampilkan kekerasan.
Iklan yang baik, adalah iklan
yang dapat diterima oleh masyarakat, sesuai dengan nilai budaya setempat. Tentu
kita tetap menginginkan iklan yang kita buat menjadi the top of the Mind
, sekaligus menjadi pendongkrak penjualan. Untuk itu, iklan yang baik haruslah dapat
diterima oleh masyarakat.
E. Manfaat Iklan
Selain
bermanfaat sebagai alat informasi kepada pelanggan iklan memilki beberapa
manfaat yaitu :
a. Merawat pelanggan
Iklan akan membantu merwat
pelanggan setia untuk tetap loyal akan suatu produk, meminimalisir pelanggan
yang hilang dan mendapatkan pelanggan yang baru.
b. Meningkatkan penjualan produk
Strategi dan konsep dalam
iklan akan dirancang sedemikian rupa untuk member edukasi kapada pelanggan
untuk “aware” akan suatu prosuk, sehingga perlahan akan mempengaruhi pola pikir
target market dan akhirnya terjadi pembelian produk.
c. Alat komunikasi langsung
Dengan manfaat iklan, para
produsen akan bisa berkomunikasi langsung dengan para pelanggan, menyampaikan
keunggulan dan manfaat suatu produk tanpa harus dijembatani oleh opini para
pengecer.
d. Membuka lapangan kerja
Karena terdapat iklan
lowongan kerja dari berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baik
sehingga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.
e. Kemajuan ekonomi
Iklan akan meningkatkan
penjualan, membuka lapangan kerja dan tentunya keuntungan bagi perusdahaan,
efek secara umum dari semua tentunya akan terjadi kemajuan dalam bidang ekonomi
untuk daerah bersangkutan atatu Negara secara umum.
f. Pesan moral
Adakalanya lembaga sosial
atatu keagamaan mengunakan iklan untuk mngomunikasikan pesan-pesan perdamaian,
isu tentang bahaya narkotika, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Ini akan
memberikan pendidikan dan memandu masyarakat kepada perilaku dan kehidupan yang
lebih baik.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian ya ...
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian ya ...
Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
ReplyDeleteSistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif : arena-domino.net
100% Memuaskan ^-^
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteternyata banyak jenisnya ya
ReplyDeletemonitor alat berat