Iklan (Pengertian, Jenis/Macam, Ciri-ciri, Manfaat, dan Syarat)


A.  Pengertian Iklan
Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor. Manajemen pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.
Pengertian iklan menurut bahasa adalah memperkenalkan suatu barang,produk dan mempromosikan barang atau pun jasa baik secara online mau pun offline yang disampaikan melalui media dan di biaya oleh pemrakarsa yang dikenal serta di tunjuk sebagian masyarakat melalui ,radio, televisi, surat kabar, majalah dan lain-lain. 

Pengertian iklan juga berbagai bentuk dan beragam seperti di bawah ini:
1. Iklan baris: iklan yang secara singkat yang terdiri dari berapa baris saja
2. Iklan berita: yaitu iklan yang dalam bentuk berita.
3. Iklan bersandi: iklan yang terdiri dari tanda khusus pembaca iklan menangkap pertanyaan dan jawaban  mudah di ketahui.
4. Iklan komik: iklan yang berbentuk ceriata (komik)
5. Iklan langsung: iklan yang di cetak dikirim melalui pos yang gak ada hubungannya dengan iklan produk ataupun media masa lainnya.
6. Iklan kecil: iklan yang tidak menggunakan gambar serta dikelompokkan klasifikasi khusus di gunakan hanya seluas satu kolom
7. Iklan keluarga: iklan yang berisikan tentang keluarga,ulang tahun,perkawinan,kelahiran,kematian dan perceraian
8. iklan mini: iklan ini juga tergolong dalam iklan baris



B.  Jenis- Jenis Iklan
Jenis – jenis iklan secara garis besar, iklan dapat digolongkan menjadi tujuh kategori pokok yakni :
1.       Iklan Niaga
Iklan niaga adalah iklan yang memperkenalkan, menawarkan, mempromosikan, produk-produk dari perusahaan kepada masyarakat umum serta mempengaruhi mereka agar menggunakan produk-produk yang diiklankan tersebut.
2.      Iklan Keluarga
           Iklan keluarga merupakan iklan yang berisikan hal-hal mengenai keluarga. Iklan ini pada umumnya lebih berupa iklan kolom atau display yang banyak yang kita jumapai di Koran-koran
3.      Iklan Baris
            Macam-macam iklan lainnya adalah iklan baris. Ikaln ini banyak kita temukan dimedia-media cetak seperti Koran. Contoh iklan baris yang banyak dijumpai adalah iklan jual tanah, jual rumah, mobil, lowongan kerja, dan lain-lain.
4.      Iklan Pengumuman
            Iklan pengumuman merupakan bentuk iklan yang berusaha untuk mengumumkan, menyampaikan atau memberikan pesan kepada khalayak ramai. Iklan seperti ini bisa dalam bentuk tulisan seperti dalam poster, baligo, spanduk, atatu dalam bentuk iklan yangs sering kita jumpai di televise, radio, internet, atau media-media lainnya. Contoh dari iklan pengumuman adalah iklan seminar, iklan reuni akbar,, iklan lelang, dan iklan-iklan pengumuman lainnya.
5.      Iklan Keuangan
            Secara umum iklan keuangan meliputi iklan-ikaln bank, jasa tabungan, asuransi, dan investasi. Media yang digunakan yaitu koran keuangan dan bisnis.
6.      Iklan Layanan Masyarakat            
            Iklan masyarakat adalah iklan yang dibuat untuk menyampaikan pesan-pesan sosial kepada masyarakat. Contoh iklan layanan masyarakat adalah iklan bahaya rokok, iklan bahaya narkoba, iklan ajakan untuk menghemat listrik, dan lain-lain.
7.      Iklan Lowongan Kerja (Recruitment Advertising)
            Iklan jenis ini bertujuan merekrut calon pegawai. Media – media untuk iklan lowongan ini biasanya adalah surat kabar nasional, surat kabar daerah, terbitan-terbitan gratis iklan lowongan, radio, dan televisi.




C.  Ciri- ciri Iklan
          Berikut ini adalah cirri- ciri iklan yang baik :
1. Tujuan iklan harus jelas
2.  Diarahkan ke sasaran yang tepat
3. Menggunakan media yang tepat
4. Pesan dikemas dengan unik dan kreatif
5. Anggran dan estimasi hasil



D.  Syarat- Syarat Iklan
Rumus Iklan SUPER "A" Selain sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini yang Overcomunication , juga memperhatikan rencana strategi pemasaran, golongan konsumen, Serta cirri fungsi produk. Rumus SUPER "A" Merupakan singkatan dari elemen-elemen berikut ini.
a. Simple (S)
Simple artinya sederhana. Untuk brand baru kesederhanaan ini dipahami sebagai "dapat dimengerti sekali lihat". Contohnya Iklan Kit Kat dengan slogannya "ada break ada Kit Kat." Slogan ini dengan mudahmasuk dalam ingatan kita bahwa Kit Kat adalah makanan ringan untuk waktu istirahat.


b. Unexpected (U)
Unexpected artinya tidak terduga.Di tengah derasnya arus iklan yang kita lihat setiap harinya, iklan yang baik adalah iklan yang idenya tidak terduga, di luar bayangan kita sehingga kita berdecak kagum. Iklan seperti ini akan selalu diingat dan menjadi the top of mind, paling tidak dalam segmentnya.
c. Persuasive (P)
Persuasif disebut juga dengan daya bujuk, yang berarti mempunyai kemampuan menyihir orang untuk melakukan sesuatu. Iklan yang berpersuasif mampu menggerakkan konsumen untuk mendekatkan diri dengan brand dan tertarik untuk mencobanya.
d. Entertaining (E)
Dalam era yang sudah over communication dan juga over iklan ini, pembuat iklan harus kreatif. Jangan sampai pesan yang kita sampaikan dalam iklan, menjadi tidak tersampaikan karena konsumen merasa kesal melihat iklan yang ditayangkan. Lebih lagi, jika kita menginginkan iklan yang kita buat teringat di benak konsumen.
e. Relevevant (R)
Dalam beriklan, kita dituntut untuk kreatif. Penyampaian iklan tidak harus lugas menunjukkan persuafif agar konsumen segera menggunakan iklan yang kita tawarkan. Iklan yang baik harus memnggunakan berbagai gaya berbahasa: asosiasi, analogi, hiperbola, metafora, dan lain-lain. Atau dengan kata lain, iklan bolehlah melantur kemana-mana, dengan syarat harus relevan. Iklan yang bai kharus dapat dipertanggungjawabkan, harus tetap dapat dirasionalisasi, harus ada hubungan dengan brand dari produk yang kita iklankan.
f. Acceptable (A)
Unsur acceptable atau penerimaan sangat berkaitan dengan budaya yang berlaku di masyarakat. Membandingkan secara langsung produk competitor dengan produk yang kita iklankan, dirasa tidak dapat di terima oleh masyarakat. Begitu juga dengan iklan yang menampilkan kekerasan.
Iklan yang baik, adalah iklan yang dapat diterima oleh masyarakat, sesuai dengan nilai budaya setempat. Tentu kita tetap menginginkan iklan yang kita buat menjadi the top of the Mind , sekaligus menjadi pendongkrak penjualan. Untuk itu, iklan yang baik haruslah dapat diterima oleh masyarakat.


E.  Manfaat Iklan
            Selain bermanfaat sebagai alat informasi kepada pelanggan iklan memilki beberapa manfaat yaitu :
a.       Merawat pelanggan
Iklan akan membantu merwat pelanggan setia untuk tetap loyal akan suatu produk, meminimalisir pelanggan yang hilang dan mendapatkan pelanggan yang baru.
b.      Meningkatkan penjualan produk
Strategi dan konsep dalam iklan akan dirancang sedemikian rupa untuk member edukasi kapada pelanggan untuk “aware” akan suatu prosuk, sehingga perlahan akan mempengaruhi pola pikir target market dan akhirnya terjadi pembelian produk.
c.       Alat komunikasi langsung
Dengan manfaat iklan, para produsen akan bisa berkomunikasi langsung dengan para pelanggan, menyampaikan keunggulan dan manfaat suatu produk tanpa harus dijembatani oleh opini para pengecer.
d.      Membuka lapangan kerja
Karena terdapat iklan lowongan kerja dari berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baik sehingga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat.
e.       Kemajuan ekonomi
Iklan akan meningkatkan penjualan, membuka lapangan kerja dan tentunya keuntungan bagi perusdahaan, efek secara umum dari semua tentunya akan terjadi kemajuan dalam bidang ekonomi untuk daerah bersangkutan atatu Negara secara umum.
f.       Pesan moral
Adakalanya lembaga sosial atatu keagamaan mengunakan iklan untuk mngomunikasikan pesan-pesan perdamaian, isu tentang bahaya narkotika, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Ini akan memberikan pendidikan dan memandu masyarakat kepada perilaku dan kehidupan yang lebih baik.


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian ya ...

3 Responses to "Iklan (Pengertian, Jenis/Macam, Ciri-ciri, Manfaat, dan Syarat) "

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete