Bentuk/Struktur Organisasi Lini dan Fungsional, Piramida, Matrik, Komite, Lingkaran (Pengertian, Penjelasan Pola Bimbingan Kerja Serta Alur Wewenang dan Tanggung Jawab, Ciri Ciri, Kebaikan dan Keburukan)

Bentuk / Struktur Organisasi Lini dan Fungsional

Pengertian Organisasi Lini dan Fungsional
Organisasi Lini dan Fungsional adalah organisasi yang masing-masing
anggota mempunyai wewenang yang sama dan pimpinannya kolektif. Organisasi Komite lebih mengutamakan pimpinan, artinya dalam organisasi ini terdapat pimpinan “kolektif/ presidium/plural executive” dan komite ini bersifat managerial. Komite dapat juga bersifat formal atau informal,komite-komite itu dapat dibentuk sebagai suatu bagian dari struktur organisasi formal, dengan tugas-tugas dan wewenang yang dibagi-bagi secara khusus.

Ciri-Cirinya
1.      Tidak tampak adanya pembedaan tugas pokok dan bantuan
2.      Spesialisasi secara praktis pada pejabat fungsional
3.      Pembagian kerja dan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon
4.      Strukutur organisasi tidak begitu kompleks. Biasanya terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, ketua-ketua seksi, dan para perugas
5.      Struktur organisasi secara relatif tidak permanea. Organisasi ini hanya dipakai sesuai kebutuhan atau kegiatan
6.      Tugas pimpinan dilasanakan secara kolektif
7.      Semua anggota pimpinan mempunyai hak, wewenang dan tanggung jawab yang sama
8.      Para pelaksana dikelompokkan menurut tugas-tugas tertentu dalam bentuk satgas

Kebaikan dari struktur organisasi ini adalah :
1)      Solodaritas tinggi
2)      Disiplin tinggi
3)      Produktifitas tinggi karena spesialisasi dilaksanakan maksimum
4)      Pekerjaan-pekerjaan yang tidak rutin atau teknis tidak dikerjakan
5)      Keputusan dapat diambil dengan baik dan tepat
6)      Kecil kemungkinan penggunaan kekuasaan secara berlebihan dari pimpinan
7)      Usaha kerjasama bawahan mudah digalang

Keburukan dari struktur organisasi ini adalah:
1)      Kurang fleksibel dan tour of duty
2)      Spesialisasi memberikan kejenuhan
3)      Proses pengambilan keputusan agak larnban karena harus dibicarakan terlebih dahulu dengan anggota organisasi
4)      Kalau terjadi kemacetan kerja, tidak seorang pun yang mau bertanggung jawab melebihi yang lain
5)      Para pelaksana sering bingung, karena perintah datangnya tidak dari satu orang saja
6)      Kreativitas nampaknya sukar dikembangkan, karena perintah pelaksanaan didasarkan pada kolektivitas.

Bentuk / Struktur Organisasi Piramida

Pengertian Organisasi Piramida
Bentuk Ini Yang Paling Banyak Diguakan, Karena Sederhana, Jelas Dan Mudah Dimengerti. Bagan organisasi bentuk Piramid adalah suatu organisasi dimana bentuk bagan organisasi tersebut menyerupai piramid.
Penjelasan Pola Bimbingan kerja serta alur wewenang dan tanggung jawabnya adalah dimana suatu pimpinan tertinggi ada di paling atas piramid dan tingkatan pimpinan menengah dan bawahan ada di bagian-bagian bawah. Bentuk piramid sering kali dipakai di organisasi-organisasi, karna bentuk piramid ini mudah dimengerti dan dipahami.

Type piramid memiliki ciri-ciri antara lain ialah:
o        memiliki jumlah organisasi yang tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit. 
o        Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak
o        Pada jumlah jabatan sedikit sebab tingkat tingkat relatifnya kecil.

Kelebihan Bentuk Organisasi Piramid :
·                     Jumlah informasi jabatan cukup besar
·                     Pelimpahan wewenang dan tanggungjawab dapat dilakukan sampai kepada  pejabat/pimpinan yang bawah/rendah.
·                     Bagan ini sangat mudah digunakan karna bentuknya seperti Piramid yang menempatkan bagian-bagian dalam perusahaan yang paling tertinggi di letakan pada bagian TOP dan untuk karyawan di letakan MID dan untuk Office Boy di letakan pada Bagian LOWER.

Kekurangan Bentuk Organisasi Piramid :
·                     Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh.
·                     Jumlah pekerja (bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak .
·                     Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil.
·                     Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki kewenangan sedikit .


Penjelasan Setiap Bentuk/Struktur Lainnya

Bentuk Organisasi Matrik


Perngertian Organisasi Matrik
Organisasi matrik disebut juga sebagai organisasi manajemen proyek yaitu or­ganisasi di mana penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang mempunyai ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikum­pulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan. Organisasi matrik digunakan berdasarkan struktur organisasi staf dan lini khususnya di bidang penelitian dan pengembangan.

Penjelasan Pola Bimbingan Kerja seta alur Wewenang dan Tanggung Jawabnya Organisasi matrik akan menghasilkan wewenang ganda di mana wewenang horison­tal diterima manajer proyek sedangkan wewenang fungsionalnya yaitu sesuai dcngan keahliannya dan tetap akan melekat sampai proyek selesai, karena memang terlihat dalam struktur formalnya. Sebagai akibat anggota organisasi matrik mempunyai dua wewenang, hal ini berarti bahwa dalam melaksanakan kegiatannya para anggotanya juga harus melaporkan kepada dua atasan.
Untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul, biasanya manajer proyck diberi jaminan untuk melaksanakan wewenangnya dalam memberikan perintah di mana manajer proyek tersebut akan langsung lapor kepada manajer puncak.

Ciri – ciri :
·                     Memiliki jumlah organisasi yang banyak sehingga tinkat – tingkat hirarki kewenangan banyak.
·                     Pimpinan yang paling tinggi berada di paling atas.

Kebaikan dari struktur organisasi ini adalah :
Pada fleksibelitas dan kemampuannya dalam memperhatikan masalah-masalah yang khusus maupun persoalan teknis yang unik serta pelaksanaan kegiatan organisasi matrik tidak mengganggu struktur organisasi yang ada.

      Keburukan dari struktur organisasi ini adalah :
Manajer proyek tak bisa mengkoor­dinir berbagai bagian yang berbeda hingga menghadapi kesulitan dalam mengembangkan team yang terpadu dikarenakan penyimpangan pclaksanaan perintah untuk masing-masing individu. Untuk mengatasi kesulitan yang mungkin timbul, maka manajer proyek biasanya diberi wewenang khusus yang penting, misalnya: dalam menentukan gaji, mempromosikan atau melakukan perlakuan personalia.

Bentuk Organisasi Komite
Organisasi komite adalah bentuk organisasi di mana tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh sekelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan pluralistic manajemen
Organisasi komite terdiri dari :
1.      Executive Committe (Pimpinan komite)
 yaitu para anggotanya mempunayi wewenang lini
2.      Staff Committee
Yaitu orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staf

Kebaikan dari struktur organisasi ini adalah :
1)      Pelaksanaan decision making berlangsung baik karena terjadi musyawarah dengan pemegang saham maupun dewan
2)      Kepemimpinan yang bersifat otokratis sangat kecil
3)      Dengan adanya tour of duty maka pengembangan karier terjamin

Keburukan dari struktur organisasi ini adalah :
1)      Proses decesion making sangat lamban
2)      Biaya operasional rutin sangat tinggi
3)      Kalau ada masalah sering kali terjadi penghindaran siapa yang bertanggung jawab.

Bentuk Organisasi Lingkaran

 Lingkaran ialah bentuk bagan Organisasi yang saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau Pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke arah bidang lingkaran. Kenapa bagan ini berbentuk lingkaran? karna mungkin dalam suatu perusahaan memang sangat memiliki perbedaan tersendiri dalam menyusun bagian-bagian dari perusahaan itu tersebut oleh karena itu banyak sekali model bagan yang terbentuk.

Ciri – Ciri Bentuk Organisasi Lingkaran :
Ø  Jika setiap penambahan anggota maka bagan ini akan bertambah diameternya dan semakin membesar.
Ø  Jumlah Organisasi dapat di atur sesuai dengan yang ada di perusahaan.

Kelebihan Bentuk Organisasi Bentuk Lingkaran:
v  Setiap komponen dari organisasi tersebut adalah saling tergantung, yang apabila setiap bagian dapat dikelola dengan baik maka organisasi tersebut pun akan ikut membaik.        
v  Bersifat sederhana dari sudut pandang ekonomis dan fleksibel.

Kekurangan Bentuk Organisasi Bentuk Lingkaran :
§  Sulit dipahami karna tidak tau yang mana pimpinan yang paling tinggi.
Pembagian tugas-tugas kurang jelas



6 Responses to "Bentuk/Struktur Organisasi Lini dan Fungsional, Piramida, Matrik, Komite, Lingkaran (Pengertian, Penjelasan Pola Bimbingan Kerja Serta Alur Wewenang dan Tanggung Jawab, Ciri Ciri, Kebaikan dan Keburukan)"

  1. terimakasih sangat membantu semoga selalu memberikan maanfaat

    ReplyDelete
  2. Seocumi adalah situs terbaik untuk promosi tentang permulaan percobaan dan formula
    Keren gan, saya juga sekali nonton sword art online. btw silahkan kunjungi juga

    Download No Hands SEO 2.35 Cracked
    situs judi bola
    agen bola online
    sabung ayam
    m88 indonesia

    ReplyDelete
  3. Strange "water hack" burns 2lbs overnight

    Well over 160000 men and women are using a simple and secret "liquid hack" to lose 2 lbs each and every night while they sleep.

    It's simple and works with everybody.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Go grab a glass and fill it with water half the way

    2) Proceed to follow this amazing HACK

    so you'll be 2 lbs lighter the very next day!

    ReplyDelete
  4. nice info makasih ya kak sangat berguna sekali

    monitor alat berat

    ReplyDelete